img

AGAR TAK SALAH PESAN, KETAHUILAH 5 JENIS MINUMAN KOPI INI!

Kedai kopi menjadi salah satu tren yang berkembang begitu pesat selama beberapa tahun ini. Banyaknya penikmat kopi yang bukan hanya sekedar mencari kenikmatan kopi namun juga sebuah ruang nyaman untuk nongkrong atau mengerjakan tugas, membuat munculnya kedai kopi ini hingga menjamur dan tersebar luas di berbagai penjuru daerah. Bahkan untuk konsep suatu kedai kopi pun sangat beragam dan tidak hanya terpaku pada satu gaya atau konsep. Ada yang kedai kopi yang menawarkan konsep klasik jaman dulu hingga yang modern, sehingga dapat memberikan suatu pengalaman minum kopi yang menyenangkan.

 

Bagi yang sudah familiar dengan kedai kopi, pasti mengetahui bahwa terdapat berbagai jenis menu minuman kopi yang tersedia. Namun mungkin bukan tak sedikit orang yang pernah kebingungan memilih minuman di suatu kedai kopi. Maka dari itu, mengetahui jenis-jenis minuman kopi mungkin dapat membantu ketika memilih kopi yang tepat di suatu kedai kopi.

 

Macam-Macam Jenis Minuman Kopi

Setiap kedai kopi memang dapat menawarkan menu minuman kopi yang berbeda. Namun pada umumnya, kebanyakan kedai kopi akan menyediakan menu espresso, cappuccino, latte, dan mochaccino. Jenis minuman kopi ini memang terdengar agak asing di lidah bahasa ibu, maka wajar saja apabila mereka yang belum familiar akan membutuhkan waktu lebih lama ketika memesan kopi. Dan bahkan tak jarang yang salah memesan kopi karena belum mengerti jenis minuman yang dipesan. Agar tidak salah memesan minuman kopi ketika di kedai kopi, simak lima jenis minuman kopi di bawah ini.

 

Espresso

Espresso biasa dihidangkan pada cangkir mini karena rasa pahitnya yang begitu pekat dan kuat. Espresso murni berasal dari ekstrak biji kopi langsung tanpa menggunakan tambahan bahan apapun seperti susu, gula, krimmer, dan lain-lain. Kopi ini biasanya digemari oleh orang yang suka dengan rasa kopi murni yang sangat menonjok.

 

Americano

Kopi Americano dibuat dari satu takaran espresso yang kemudian dicampurkan dengan air panas agar menghasilkan secangkir kopi yang rasa pahitnya tidak sekeras espresso. Selain Americano panas, adapula yang menyajikan iced Americano yaitu Americano dengan penyajian dingin oleh es batu. Minuman ini cocok untuk yang menyukai kopi tanpa campuran bahan lain namun tak sepahit espresso.

 

Latte

Kopi latte terbuat dari espresso, susu, dan sedikit busa susu pada permukaan kopi. Kopi ini dapat disajikan dengan tambahan berbagai sirup rasa, gula, maupun tambahan espresso. Latte merupakan salah satu jenis minuman kopi yang paling populer, dan cocok bagi yang meginginkan rasa kopi halus dan lebih creamy.

 

Cappuccino

Cappuccino memang mirip dengan latte, namun keduanya berbeda. Tak seperti latte yang menggunakan lebih banyak susu dibandingkan busa susu, cappuccino mengandung lebih banyak busa susu daripada susu. Lantaran banyak busa susunya, minuman ini biasanya ditambahkan bubuk coklat atau kayu manis pada permukaan busa.

 

Mochaccino

Kopi mochaccino merupakan campuran antara cappuccino dan cokelat panas. Biasanya jenis kopi ini dibuat dengan cara menambahkan coklat pada espresso, kemudian ditambahkan susu dan sedikit busa susu. Penambahan coklat membuat minuman ini lebih manis. Pada beberapa kedai kopi, mochaccino biasanya ditambahkan juga dengan krim kocok.

 

Cold Brew

Minuman ini dibuat dengan menyeduh biji kopi dengan air dingin selama sekitar 6-36 jam lamanya, tergantung pada seberapa kuat rasa kopi yang diinginkan. Jadi, minuman ini tidak dibuat dengan cara menyeduh kopi dengan air panas seperti pada umumnya. Biasanya cold brew memiliki rasa yang lebih seimbang, yakni tak terlalu pahit atau asam.

 

Itu dia beberapa minuman kopi yang kerap kali ditemui di kedai-kedai kopi. Dengan mengetahui apa saja kandungan pada minuman kopi-kopi seperti di atas, tentunya akan lebih mudah memilih yang sesuai selera. Jadi, Anda akan memesan kopi apa lain kali ke kedai kopi?

 

 

All Comments:

Your Comment: